FAKTA DARI BERBAGAI SURVEY MENYATAKAN
Orang
Indonesia menghabiskan rata-rata 9 jam per hari menatap pada perangkat
elektronik mereka, tertinggi dari 30 negara yang terakhir disurvey oleh agensi
riset pemasaran Millward Brown.
Pengguna internet di
Indonesia mencapai 71.19 juta orang di tahun 2013 dan diharapkan mencapai 107
juta orang di tahun 2014 dan meningkat hingga 139 juta orang di tahun 2015.
65.7% pengguna
internet di Indonesia mengakses melalui smartphone dan bertindak atas informasi
yang mereka temukan di internet. 95% pengguna smartphone mencari informasi
lokal. 88% pengguna smartphone bertindak di hari yang sama untuk kebutuhan dan
informasi yang mendesak, dan 77% pengguna smartphone pernah menghubungi sebuah
bisnis lokal.
54% orang Indonesia
mencari informasi secara online sebelum memutuskan untuk membeli. Sumber: TNS
Female Shoppers Study, Q4 2012. (DISALIN DARI BLOGNIAGA,CO,ID)
1. Menciptakan basis bagi klien atau
pelanggan
2. Riset pemasaran karena produsen
1.
Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya
Banyak pakar yang ada di internet yang mempublikasikan karyanya untuk diketahui
publik. Sering pula kita memperoleh nasehat dan bantuan secara gratis dari para
pakarnya tentang masalah yang kita hadapi. Jika kita membandingkannya dengan
mendapatkan nasihat dari konsultan, maka kita harus membayar dengan harga yang
sangat mahal.
2.
Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian
lowongan kerjaSekarang ini rekruitmen tenaga kerja melalui internet semakin
digemari oleh perusahaan-perusahaan. Di internet terdapat banyak sekali daftar
lowongan kerja dan bahkan juga pelamar pun sering pula mempromosikan dirinya
melalui internet. Sehingga dengan begitu antara yang membutuhkan tenaga
kerja dan pencari pekerjaan dapat saling bertemu di internet.
3 3. Akses informasi dan penyebaran
informasi Mempublikasikan berita melalui internet dapat tersebar luas melebihi
media lainnya. Dalam hal akses informasi, melalui internet pun jauh lebih cepat
jika dibandingkan dengan menggunakan fax atau pos. Kita semua dapat mengakses
informasi dan menyebarkan informasi dari dan ke penjuru dunia dan juga dapat
membuat hubungan secara interaktif dan langsung melalui komputer. Kontak secara
interaktif tersebut akan menarik dengan adanya penggunaan chat dan video
conferencing.
4 4. Komunikasi yang cepat dan pengiriman
dokumen dengan biaya murahBerbagai fasilitas yang ada di internet telah banyak
membuktikan mampu mempercepat komunikasi dengan orang yang dituju. E-mail
adalah salah satu contoh yang telah banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk
mengirim dan menerima dokumen. Chat atau video conferencing juga mempercepat
komunikasi yang dilakukan di internet. Internet dapat juga digunakan untuk
mentransfer dokumen secara online dalam waktu yang singkat.
5. 5 Riset peluang bisnis baruBanyak yang
memanfaatkan internet untuk mencari ide inovatif. Pengguna internet sering
memperoleh ide baru tidak hanya disebabkan oleh kebiasaan penelitiannya, tetapi
juga ada nya suasana kooperatif di antara pemakai internet. Internet sering
pula dijadikan forum komunikasi antara para ahli di bidangnya masing-masing.
Sekarang
sudah tahu manfaat internet dalam dunia usaha kan? Sangat
menarik memang kalau kita punya blog atau website sendiri untuk marketing di
internet. Kita bisa tuangkan kreasi marketing kita di dalam website. Nah, jika
artikel tentang manfaat internet dalam dunia usaha ini
sangat bermanfaat, silahkan di share ya? Terima kasih, sukses untuk Anda.(
DISALIN DARI purnamaldi.blogspot.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar